Cara Pintar Bikin Password yang Unik dan Gampang Diingat

Menurut penelitian, lebih dari 700 juta alamat surat elektronik dan kata sandi tidak terenkripsi belakangan ini. Peretas dapat mengkombinasikan alamat surel atau password korban untuk membobol akun user lainnya yang mempunyai password yang sama.

Tetapi, Perusahaan keamanan siber Kaspersky Laboratorium, dalam keterangannya, memberikan beberapa langkah membuat kata sandi aman serta gampang diingat. Berikut langkah hal yang demikian:

Langkah 1: Buat 'deretan statis' (bagian password yang tidak berubah)
1. Pikirkan frasa, lirik lagu, kutipan dari film, puisi anak, atau hal serupa yang berkesan bagi kamu.
2. Lalu ambil huruf pertama dari tiga hingga lima kata pertama.
3. Di antara tiap huruf tambahkan karakter khusus: @ atau # serta lainnya.
Sesudah memahami langkah pertama, kamu kini bisa mulai merangkai kata sandi unik sendiri menurut langkah diatas. Cek bermacam-macam informasi seputar lupa password gmail android disini.

Langkah 2: Tambahkan kekuatan asosiasi
1. Dikala Anda memikirkan akun online yang membutuhkan password (seperti Facebook, Twitter, eBay, laman kencan, perbankan online, belanja, atau situs game dan lainnya), tulis kata pertama sebagai kata yang berkaitan dengan laman terkait.
2. Umpamanya, seandainya membuat kata sandi untuk Facebook, kamu bisa menghubungkan Facebook dengan warna biru di logo: karenanya, cukup tambahkan kata 'biru' bisa dalam huruf besar. Masukkan kata ini di akhir 'deretan statis' sebelumnya.

"Misalnya frasa yang Anda pikirkan ialah 'Twinkle Twinkle Little Star, How I Wonder What You Are,' serta karakter khusus yang ingin Anda gunakan adalah '#', karenanya password untuk Facebook kamu ialah sesuatu seperti: T#T#L Hblue," ucap peneliti keamanan di Tim Penelitian dan Analisis Global Kaspersky Laboratorium (GReAT) David Jacoby.

Berdasarkan Jacob, memang tidak masuk nalar saat memandangnya, atau sekiranya seseorang memberikannya kepada pengguna lain. Tetapi, sebab sifatnya pribadi, user mengerti sistem yang diterapkan untuk menghasilkan kata sandi hal yang demikian, serta kaitannya dengan situs hal yang demikian, akan gampang untuk user untuk mengingatnya.

Selain itu, Jacob melanjutkan, cara terbaik dalam menaruh serta mengingat kata sandi secara aman ialah lewat tools manajemen kata sandi, seperti Kaspersky Password Manager. Kaspersky Password Manager merupakan solusi penyimpan serta perlindungan password yang aman, serta memberi langkah terbaik dalam membuat password unik serta kuat untuk seluruh akun online.